Partai Politik Omong Kosong, Do it Yourself!

/
0 Comments
Di luar komunitas punk yang melakukan aktivitas politik, juga ada satu nilai yang mempengaruhi sebagian dari komunitas tersebut untuk tidak terlibat dengan politik praktis, di antaranya adalah slogan “party political bullshit”. Bagi mereka, partai politik adalah pembohong yang menyimpan agenda tersembunyi. Selain itu, nilai-nilai Do it Yourself (D.I.Y) sebagai bentuk resistensi dengan menciptakan produksi-produksi alternatif menjadi pilihan yang diambil oleh sebagian besar individu-kelompok di dalam komunitas ini.

DO IT YOURSELF




The Casualties
Gamelanoink dari Kota Patriot, Bekasi
D.I.Y. merupakan metode yang menawarkan bagi mereka yang ingin menjalankannya, menciptakan produksi, dan menguasai alat produksi sendiri, terlepas dari dominasi penguasaan mode of production oleh institusi yang dominan. Nilai ekonomi-politik yang terkandung di dalam semangat D.I.Y ini menjadi landasan bagi proses perkembangan sejarah komunitas punk Jakarta selanjutnya.

*****

Semangat D.I.Y ini begitu kuat tertanam. Peristiwa penting yang terjadi adalah keluarnya produk kaset karya komunitas punk Bandung yang dikenal dengan kompilasi “Bandung Burning” yang berisikan karya band-band punk komunitas Bandung. Band dan Lagu-lagu terbaik pada kompilasi ini di antaranya: Keparat - Police Shit, Runtah - Poseurs, Sendal Jepit - Watcharound, The Clown - Police Brutality,cTiang Listrik - We Love Rock 'n' Roll, Total Riot - Againts The Law, Turtles Jr - Diet to Fuck.... Ya, dan saya membelinya di Lapak Belakan BIP (Bandung Indah Plaza) beberapa waktu setelah album ini diluncurkan.


Pada tahun 1997, sebuah komunitas hardcore Jakarta yaitu Locos mengeluarkan album kompilasi “Walk Together Rock Together”. Album ini berisi karya band-band hardcore seperti Anti Septic, Straight Answer, Dirty Edge, Front Side, Youth Against Facism, Genocide, Secret Agent, Out of Step, dan Cryptical Death. (*dari berbagai sumber)




You may also like

No comments:

#Copyleft: Silakan Membajak Sebagian atau Keseluruhan Teks dan Foto yang ada di kikipea.com. Powered by Blogger.
Featured