ERWE: Ska Dengan Balutan Rock

/
0 Comments

DI ERA berkembangnya teknologi, tidak ada hal yang tidak mungkin bisa dilakukan. Bagi band indie, kini banyak faktor yang dapat membantu kelancaran untuk berkarya, seperti situs-situs sosial yang telah ada. Salah satunya youtube yang dikenal sebagai situs yang menampilkan banyak karya video. Karena Hal tersebut memacu ERWE untuk membuat video klip secara mandiri.




Sebelumnya ada tiga video klip yang mereka produksi, diantaranya ‘Let’s Join Let’s Sing and Dance’, ‘Radical Road Riders’, dan ‘Jogja Last Friday Ride’.
Di awal tahun ini saja, ada dua klip yang sedang mereka rampungkan, keduanya merupakan lagu hits di album terbaru ERWE, yaitu ‘Gadis Malam’ dan ‘SSTI’, proses produksinya dibantu Backstage Heroes (crew ERWE).


SSTI...
Simak Klipnya di sini---> ERWE - SSTI [Official Music Video]

Semua video ERWE disutradarai langsung oleh w2k sang vokalis. ngeditnya juga dikerjakan sendiri, namun sebagian dibantu oleh Erix (Endank Soekamti) yang ahli membuat special efek.

*****

KARENA keinginan untuk mengikuti seleksi festival band di sebuah universitas di Yogyakarta, Djati Pambudi Wibowo  yang akrab disapa W2k mengajak teman-temannya untuk membuat sebuah grup band. Musik yang mereka mainkan bergenre Ska Rock, dan mereka sepakat menamakan band kebanggaannya tersebut ERWE.

Banyak sekali pertanyaan tentang arti nama tersebut, menurut W2k  sebenarnya ERWE itu singkatan dari ‘Error Without Emotion’ yang bermakna perdamaian, hingga teman-teman mereka akrab menyebutnya dengan nama ERWE,
“Intinya boleh chaos, tapi tanpa emosi. Tapi banyak juga yang mengartikan sesuai keinginan mereka sendiri, ada yang mengartikan ERWE itu makanan hasil olahan dari daging anjing…hahahaha,” ujar W2k .





Dari Kiri ke Kanan jangan belok-belok
 FJ , W2K, Luke
Menurut vokalis yang ini, awalnya personil band yang didirikan pada 8 Agustus 2003 ini sejumlah tujuh orang, dan mereka mengusung aliran Reggae Dance. Bongkar  pasang personilpun terjadi hingga formasi terakhir saat ini hanya tiga orang Djati Pambudi Wibowo / W2k  (Vokal/Gitar), Lukas Septa Indras Wibowo / Luke (Gitar), dan Fajar Hendra Setiawan (Drums). Di setiap pertunjukkannya mereka  dibantu oleh tiga musisi auditional di posisi Bass, Trumpet, dan Trombone.

“Menginjak album kedua, dan revolusi musik mulai berkembang, akhirnya kita menetapkan dan meng’ijab qobul’kan kalo ERWE adalah band Ska Rock, tujuannya ya agar bisa lebih meluas aja,” ucap W2k

Yang menginfluence musik mereka tidak hanya band Ska, karena masing-masing personil ERWE memiliki kesenangan musik yang berbeda. Menurut Luke, musik ERWE mengusung aliran Ska yang di mix dengan balutan nuansa Rock,
“Bukan berarti sok sangar, hanya biar terlihat lebih berenergi saja,” imbuhnya.





Lirik lagu band yang telah menelurkan tiga album ini paling banyak menceritakan tentang seputaran tragedi-tragedi manusia, tentang pertemanan, asmara, dan juga sosial. Satu di antara lagu ERWE yang populer di kalangan remaja Yogyakarta saat ini adalah ‘Radical Road Riders’ lagu bercerita tentang kegemaran bersepeda.



“Semua teman adalah teman baik, tanpa memandang genre apapun untuk bersepeda, lagu tersebut sedikit brutal tapi tetap murah senyum, dan kami juga ingin mengusung kota Yogyakarta sebagai kota sepeda,” ucap Luke menjelaskan lagu favoritnya tersebut.


ERWEgrafi

- Album pertama bertitle "GOT SOUL" (2006)
- Album kedua bertitle "LET'S JOIN LET'S SING AND DANCE"  (2008)
- Album ketiga bertitle "ERROR WITHOUT EMOTION" (2011)


baca juga: ERWE Jadi Trending Topic no 1


You may also like

No comments:

#Copyleft: Silakan Membajak Sebagian atau Keseluruhan Teks dan Foto yang ada di kikipea.com. Powered by Blogger.
Featured