Senang Senang Bareng Kamtis Family

/
15 Comments

SETELAH Endank Soekamti merilis album pertama mereka ‘KELAS I’ penggemar mereka semakin melonjak. Seiring dengan semakin dikenalnya band ini, bermunculan sekumpulan anak-anak muda yang menyebut diri mereka sebagai Kamtis Family. Tidak hanya di Yogyakarta sebagai kota asal mereka, namun Kamtis Family ini muncul di berbagai penjuru kota di Indonesia, bahkan hingga kini jumlah mereka semakin hari semakin banyak. Tak heran di setiap konsernya, Endank Soekamti ‘mengabsen’ ribuan kamtis yang pasti selalu meramaikan pertunjukan mereka.

Selain berasal dari berbagai daerah, para kamtis ini juga berasal dari berbagai kalangan anak muda. “Ya seperti pada umumnya, mereka melakukan kegiatan sesuai dengan profesi masing-masing, tapi dikala mereka lelah, dikala butuh suport, dikala mereka rindu dengan saudara, mereka akan berkumpul dan bersenang-senang bersama,” ujar Erix Soekamti kepada saya.






Selain berkumpul untuk menyaksikan penampilan band kesayangannya, para Kamtis ini juga sangat peka dan mudah sekali untuk dilibatkan dalam berbagai kegiatan sosial. Mereka bahkan sudah beberapa kali menggelar gathering Kamtis se Indonesia yang di selenggarakan di beberapa daerah. Musik yang dimainkan Endank Soekamti memang cenderung cepat dan menghentak, tak heran para kamtis ini ‘On Fire’ dibuatnya. “Nggak jauh-jauh dengan suporter bola, mereka teriak, bernyanyi dan datang berbondong-bondong dengan penuh semangat. bedanya mereka nggak berantem,” kata Erix.

Ketika ditanya sejak kapan munculnya Kamtis ini, Erix mengaku kurang jelas cerita detailnya, Ia mengatakan bahwa pertama kali ada segerombolan yang mengatas namakan Kamtis itu ketika Endak Soekamti tampil di Lebak Bulus, Jakarta, 2003 lalu. “Kemudian menular ke daerah-daerah lain. Waktu itu belum musim facebook dan twitter, jadi proses penyebarannya sudah pasti dari mulut ke mulut,” urai Erix.

Nama Kamtis sendiri diambil dari nama belakang Endank Soekamti (Kamti), karena orangnya banyak (jamak) maka ditambahkan ‘S’ di belakangnya. “Dulu ada juga yang menulisnya Kamties,
sekarang mereka bilang Kamtis itu bukan cuma nama belakang, tapi juga mempunyai kepanjangan, Kamtis ‘Kami Tidak Sendiri,” tegas Erix lalu tertawa.








Untuk menjadi seorang kamtis, lanjut Erix, memang berat syaratnya. Pertama adalah punya Tattoo. Eits, tapi bukan sembarang tattoo, “maksudnya seorang kamtis wajib mentattoo Kamtis Family tepat di dalam hati dan mulai menjalin silahturahmi antar Kamtis, karena buat kami persahabatan is number one,” jelasnya.

*****

BAGI Adhi Yasa atau yang akrab disapa Ucil ini, figur Kamtis adalah seorang yang baik hati, tidak sombong, saling menolong, pintar, rajin beribadah, dan hormat pada orangtua. “Karena orang tua pasti mendoakan saat kita merapat pada waktu ada gigs, bahkan tiap hari mereka selalu mendoakan kita supaya diberi keselamatan,” ujar Kamtis dari Ngawi ini.

Cowok kelahiran Ngawi ini juga berujar bahwa seorang kamtis itu rajin menabung agar saat ada gigs (Konser Endank Soekamti) tidak bingung mencari amunisi untuk merapat. “Kalau menabung kan dapat menghindarkan otak kriminal juga, yang paling penting saling menghargai sesama kamtis dan siapa pun,” ucap Ucil.

Ia mengaku menjadi seorang kamtis sejak kelas 3 SMP, “tepatnya tahun 2003, cuma belum berani merapat, soalnya masih sekolah, aku benar-benar menjadi kamtis tahun 2008, dan itu merupakan pertama kalinya liat live Endank Soekamti,” ujar Aziz.

Ucil juga mengaku tidak hanya dekat dengan personil Endank Soekamti saja, namun juga akrab dengan crewnya. “Menurut saya Soekamti tak menganggap kita seperti fans, tapi sebagai teman, tak ada batas antara kamtis dengan soekamti,” imbuhnya.

Pengalamannya yang paling seru adalah ketika mendapatkan kesempatan diajak tour oleh Endank Soekamti. “Selama seminggu bersama Soekamti, ngikutin semua kegiatan para personil, tau semua kebiasaan, kegilaan mereka yang nggak pernah berhenti bercanda, bisa kram perut deh pokoknya,” katanya lalu tertawa.

Bersama Kamtis di kotanya, Ucil juga ikut mengadakan acara musik amal untuk penggalangan dana korban erupsi Merapi. Mereka juga berkerja sama dengan j-rockstar (fans J-rock), Outsider (fans Superman Is Dead), dan Slankers, “Yang paling membuat haru, Endank Soekamti rela datang jauh-jauh dari Jogja ke Ngawi untuk menghibur kita tanpa bayaran sepeser pun,” katanya bangga.

Lain lagi cerita Zein, sejak mendengarkan lagu “Selamatkan Aku” ia melantik diri sendiri menjadi kamtis family. Menurut pemuda asal Jakarta ini tidak perlu menyombongkan diri menjadi bagian kamtis family.

Meskipun tinggal di Jakarta, Zein mengaku tetep merasa dekat dengan semua personil Endank Soekamti, terutama dengan karya-karya mereka. Mahasiswa tingkat akhir yang sedang sibuk mempersiapkan acara South to South (SToS) Film Festival ini pun pernah diajak tour bersama Endank Soekamti, dan disanalah ia bisa semakin dekat dengan band kesayangannya tersebut. (*)














Kata Endank Soekamti tentang Kamtis Family

Erix Soekamti:
Gathering kamtis se Indonesia. intinya adalah kumpul paseduluran seantero jagat untuk seneng2 bareng sepanjang hari. kegiatan itu sangat saya rindukan. Kamtis Family bagi saya adalah bensin yang siap dibakar sekaligus siap menjadi bahan bakar. (*)

Dory Soekamti :
Kamtis adalah orang-orang yang mencintai Endank Soekamti tanpa pamrih. Bagi kehidupan pribadi, sama saja, nggak ada bedanya. Kalau tidak ada kamtis, mungkin saya sudah tidak jadi gitaris Endank Soekamti lagi, tapi gitarisnya Lady Gaga mungkin..hehehe. Bagi Endank Soekamti, kamtis adalah sumber energi terpercaya. (*)

Ari Soekamti :
Kalau Endank Soekamti diibaratkan motor, kamtis itu adalah bensinnya. Mereka itu penyemangat, dan pengobar semangat yang sangat ampuh! melihat crowd mereka dari atas panggung itu amazing! Kalian harus merasakannya sekali-kali  Saya mengidolakan mereka!
Saat lagu ‘Long Live My Family’ di Kridosono, adalah pertama kali diving di kerumunan crowd, dan yang tersisa di badan saya tinggal celana! Kaos, sabuk, sepatu sampe kaos kaki hilang entah kemana. hahaha. (*)






Foto oleh Rio Soekamti 


You may also like

15 comments:

  1. susces wat kamtis family dan jua untuk endank soekamti
    ku tunngu karya karyamu

    ReplyDelete
  2. Ayo Kamtis se-Nusantara absen di sini!!!!!

    ReplyDelete
  3. nah abseeeennn. Persahabatan yang kuat dari Kamtis yang selalu bikin kita bangga.

    ReplyDelete
  4. keren :)
    salam kenal dari kami
    KAMTIS NORTH SLEMAN YK yeah toshh

    ReplyDelete
  5. SALAM DARI " KAMTIS SOENTER JKT "

    ReplyDelete
  6. SUCSEC ENDANK SOEKAMTI....

    LONG LIVE KAMTIS FAMILY

    ReplyDelete
  7. kamtis family selalu dihati tooooooooooooooooOOOOOOOOOOOOOOOssssssssssSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS ANGKA8

    ReplyDelete

#Copyleft: Silakan Membajak Sebagian atau Keseluruhan Teks dan Foto yang ada di kikipea.com. Powered by Blogger.
Featured