Sosrowijayan Rusuh Di Ultah Elvis

/
0 Comments

ELVIS STILL ALIVE!

SIAPA yang tidak mengenal nama Elvis Presley? Raja Rock n Roll yang membawa pengaruh besar di jagat musik ini adalah pionir Rockabilly, sebuah jejak awal dalam musik Rock n' Roll yang muncul di tahun 1950-an.  Lagu-lagu Elvis hingga kini masih kerap dinyanyikan oleh musisi dari berbagai mancanegara. Begitu hebatnya popularitas Elvis Presley, meski sudah tutup usia sejak tahun 1977 lalu, namanya tetap melekat erat pada para penggemar fanatiknya.


Di Yogyakarta sekelompok penggemar Sang Legenda menggelar acara untuk menghormati hari kelahirannya pada 8 Januari. Bertempat di Oxen Free, Jalan Sosrowijayan No. 2, Yogyakarta, acara bertajuk ‘Elvis Birthday Bash - The King, The Kats & The Klan’ ini diprakarsai oleh Rockin Spades Rockabilly Club. Komunitas ini memang kerap kali menggelar acara musik, performance, diskusi, dan segala sesuatu yang identik dengan budaya Rock n' Roll.












Bagi para penggemar Elvis, dan musik tempo dulu, tentu saja event ini tidak bisa dilewatkan begitu saya, pada malam tersebut, empat band yang Rockabilly tampil dengan gaya terbaiknya memainkan lagu-lagu Elvis. Dengan karakter yang berbeda, El Milky Racer, Desperados, Kiki & The Klan, dan The Outrageous dari Surabaya mampu membuat para penggila Elvis dan penggemar musik rock berdansa dan bernyanyi bersama.



THE BANDS: The King, Kats, and The Klan

El Milky Racer
Desperados
The Outrageous

Kiki & The Klan

“Elvis is alive in Yogya,” ujar Amanda Kovacs, seorang peneliti asal Jerman yang memang sengaja datang untuk mendukung penulisan bukunya tentang ‘Pengaruh Elvis dan musiknya di Indonesia kini’. Dari berbagai kota yang didatanginya di Indonesia, diakuinya Yogya adalah yang terbanyak penggemar jenis musik Rockabilly yang dipopulerkan oleh Elvis.
“Dahulu musik ini dimainkan oleh kelas bawah, tapi sekarang ada pergeseran, musik Rockabilly dimainkan oleh kelas menengah di Indonesia,” ujar perempuan yang pernah tinggal di Jakarta sepanjang 2008 lalu.











Setelah dari Yogyakarta, pada 10 Januari 2013, Amanda mengikuti workshop dari Universitas Leiden, Belanda tentang musik di Asia Tenggara yang digelar di Jakarta. Pada lokakarya yang mengangkat topiknya "Participatory Pop: Audiences, Life Styles and Fan Culture in 20th century Southeast Asia" ini sebanyak 16 akademisi dari seluruh dunia di antaranya, Belanda, Indonesia, Filipina, Thailand, Amerika Serikat, Australia, dan Inggris juga hadir.




Peringatan Hari kelahiran Elvis ini juga dirayakan oleh para penggemarnya di seluruh dunia, Elvis lahir di Tupelo, Mississippi, AS, 8 Januari 1935. Pusat perayaan tahunan ini biasa digelar di tempat peristirahatan terakhirnya di Graceland, Memphis, Tennessee, AS. (*)

Teks: @kikiepea
Foto: @hellenak (Helena Lea)




Baca Juga:

Tribute To Elvis Presley
Subkultur Rockabilly di Yogyakarta




You may also like

No comments:

#Copyleft: Silakan Membajak Sebagian atau Keseluruhan Teks dan Foto yang ada di kikipea.com. Powered by Blogger.
Featured
Featured

Video

Most Popular
Videos