Neurotic Outsiders: antara Gn'R, Duran Duran, dan Sex Pistols

/
0 Comments
Tahun 1995, saya masih SMP dan pertama kali mengenal band ugal-ugalan bernama Sex Pistols. Mendengar gitaris band ini Steve Jones membuat proyek dengan Duff McKagan, dan Matt Sorum membuat saya berantusias untuk membeli kasetnya di Grand Audio, Aldiron, Blok M Jakarta Selatan. Band yang awalnya diberi nama March Neurotic Outsiders adalah kolaborasi antara Steve Jones dengan John Taylor dari Duran Duran yang telah merekam beberapa lagu, di antaranya ‘Feelings Are Good’ yang ada di album solo John Taylor. 


Neurotic Outsiders adalah komposisi menarik, tiga band raksasa dari tiga generasi tergabung dalam satu band, dua personel dari Inggris, dua dari Amerika. Awalnya band yang di awal pertunjukannya pernah menggunakan nama Kings Of Chaos ini tampil di Johnny Depp's LA club, the Viper Room untuk acara amal bagi penderita kanker. Para selebriti papan atas datang saat itu. Di perjalanan singkat tersebut jadilah band dengan formasi; Steve Jones (gitar dan vokal), Duff McKagan (gitar dan vokal), John Taylor (bass dan vokal), dan Matt Sorum (drums). 


Sebelumnya Neurotic Outsiders memainkan lagu-lagu seperti, Black Leather, Pretty Vacant  (Sex Pistols), New Rose (The Damned), Janie Jones (The Clash), Virginia Plain (Roxy Music), Planet Earth (Duran Duran), dan ‘Raw Power’, dan ‘I Wanna Be Your Dog’. Di dua lagu terakhir, sang pemilik lagu Iggy Pop juga turut mengisi vokal. Tidak hanya itu, Billy Idol juga sering didaulat untuk lagu ‘Shakin' All Over’ dan ‘Rebel Yell’, terkadang mereka juga berkolaborasi dengan Brian Setzer (Stray Cats), dan Simon leBon (Duran Duran). (*)

**** 
Bicara soal Steve Jones, gitaris Sex Pistols ini bukan pertama kalinya berkolaborasi dengan personel Guns N Roses. Tahun 1989 ia menelurkan album ‘Fire and Gasoline’ yang bernafas heavy metal. Di album ini ia menggaet Axl Rose di tembang lama milik Sex Pistols ‘I Did U No Wrong’.  Pada album yang diproduseri oleh Ian Astbury (The Cult) ini, Nikki Sixx dari Mötley Crüe turut menyumbangkan lagu berjudul ‘We're Not Saints’. ‘Fire & Gasoline’ bukanlah album yang laris dipasaran, namun setidaknya dengan satu lagu tersebut, album ini layak disimpan sebagai pemuja Sex Pistols maupun Guns N Roses. (*) 


You may also like

No comments:

#Copyleft: Silakan Membajak Sebagian atau Keseluruhan Teks dan Foto yang ada di kikipea.com. Powered by Blogger.
Featured