10 Film Rockabilly Wajib Ditonton

/
3 Comments
Rockabilly adalah salah satu gaya paling awal dan paling berpengaruh dalam musik rock n' roll, genre ini muncul dan populer pada tahun 1950-an. Kini gaya dan semangatnya kembali digandrungi anak muda di berbagai kota. Jika ditengok dari sisi lainnya, Rockabilly merupakan sebuah sub-kultur yang kini simbol-simbolnya kembali bermunculan dimana-mana. 

Rockabilly bukan sekedar musik tapi juga gaya rambut, fashion, tattoo, otomotif, mobil tua, graffiti, dan sebagainya.Karakter Rockabilly juga telah banyak difilmkan di berbagai era.




 film rockabilly tidak jauh dari kenakalan remaja, cewek cantik, 
musik rock’ n roll, dan mobil tua.

Berikut ini adalah 10 Film paling Rockabilly yang wajib disimak. Film-film ini dikurasi oleh Athonk Sapto Raharjo seorang komikus, seniman tato, dan penggila musik. Di Yogyakarta, Athonk kerap mengadakan acara yang bernafas subkultur Rockabilly. 

1.      The Girl Can’t Help It : 1956
film komedi musikal yang dibintangi Jayne Mansfield, dan sutradarai oleh Frank Tashlin ini awalnya dibuat sebagai kendaraan untuk mempromosikan simbol seks Amerika Jayne Mansfield, yang merupakan rival berat Maryln Monroe. Film ini menggunakan subplot satir yang melibatkan remaja dan musik rock ' n' roll. Film yang hebat inimenjadi  sebuah perayaan musik rock yang pernah terekam dalam sejarah film. Para pemain musik rock n roll aslipun muncul sebagai cameo, seperti Gene Vincent dengan lagu ‘Be Bop A Lula’, Eddie Cochran dengan lagunya ‘Twenty Flight Rock’, Fats Domino, The Platters dan termasuk lagu yang juga menjadi judul utama film, yang dimainkan Little Richard.

2.      American Graffiti : 1973
Film ini disutradarai oleh George Lucas, dibintangi Richard Dreyfuss, Ron Howard, Paul Le Mat, dan Harrison Ford muda. Settingnya sendiri berada pada tahun 1962 di kota kecil Modesto , California. Film ini merupakan studi tentang esensi anak muda, rock and roll, dan budaya populer di kalangan generasi baby boomer pasca-Perang Dunia II. Film ini diceritakan dalam serangkaian sketsa, yaitu menceritakan kisah sekelompok remaja dan petualangan mereka dalam satu malam.
Pada tahun 1995 , the United States Library of Congress menetapkan film ini sebagai simbol "kultural , historis , atau estetis yang signifikan" karena film ini bisa menangkap penggambaran otentik dan esensial fenomena yang terjadi di amerika pada tahun 60an dan film ini terpilih untuk disimpan di National Film Registry.



3.      The Wanderers: 1979
Adalah sebuah film drama tentang geng dan subkultur anak muda di New York, Film ini diadaptasi berdasarkan novel "The Wanderers" oleh Richard Price. Ini adalah film keenam yang disutradarai oleh Philip Kaufman. Film ini bercerita tentang anggota geng Utara Bronx pemuda, Wanderers  yang kerap berkelahi dengan geng lain, The Baldies. Film ini juga mengangkat isu-isu ketegangan rasial, loyalitas, yang baik dan buruk, kejantanan,persaudaraan, dan pemberontakan kaum muda melalui musik pada zaman tersebut.
Dua protagonis utama film ini adalah Richie Gennaro ( Ken Wahl ) , pemimpin Wanderers , yang harus berurusan dengan tanggung jawab karena akan segera menikah dan bergabung dengan bisnis keluarga ayah mertua, yang juga merupakan boss mafia italia. Film ini juga bercerita tentang masa peralihan dari jaman rock n roll ke jaman folk, dimana pada akhir film ada scene di daerah Greenwhich Village, di dalam cafe dan ada sosok penyanyi ‘Bob Dylan’ .



4.      The Loveless : 1982
Film drama biker ini ditulis dan disutradarai oleh Kathryn Bigelow dan Monty Montgomery . Ini adalah sebuah film independen, dibintangi Willem Dafoe dan rocker Robert Gordon, yang juga menulis lagu dan musik untuk film ini. Film ini adalah tentang  geng motor yang membuat  masalah di sebuah kota kecil di daerah selatan. Willem Dafoe kemudian mengulang perannya sebagai biker di film Streets Of Fire.



5.      The Outsiders : 1983
Film drama Amerika yang disutradarai oleh Francis Ford Coppola ini merupakan sebuah adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya SE Hinton. Film ini terkenal karena cast dari bintang muda yang akan terkenal di kemudian hari, termasuk C. Thomas Howell, Rob Lowe, Emilio Estevez, Matt Dillon, Tom Cruise, Patrick Swayze, Ralph Macchio, dan Diane Lane. Set film ini adalah tahun 1965 di Tulsa, Oklahoma.

The Outsiders mengisahkan perseteruan dan tawuran antara dua geng, Greasers sekelompok berandalan tangguh, kelas bawah dengan musuh mereka, SOCS, sekelompok anak-anak kaya dari sisi lain kota. Di film ini banyak terdengar lagu lagu terkenal, seperti “Gloria” dari band Them, dan “Lend Me Your Comb – Carl Perkins. Dan juga ada cameo, Tom Waits.



6.      Eddie And The  Cruisers : 1983
Film fiksi Amerika ini disutradarai oleh Martin Davidson dengan skenario yang ditulis oleh Arlene Davidson. Film ini diangkat berdasarkan novel PF Kluge, dan dipasarkan dengan tagline "Rebel. Rocker. Lover. Idol. Vanished." Eddie And The  Cruisers berkisah tentang kematian misterius musisi Eddie Wilson (Michael Pare). Film ini juga sempat dibuatkan sequelnya, dan menjadi cult movie.

7.      Streets Of Fire: 1984
Film yang disutradarai Walter Hill ini dalam promo trailer dan posternya diberi tagline "A Rock & Roll Fable". Ini adalah ramuan yang tidak biasa dari musik, aksi, drama, dan komedi dengan bumbu elemen retro 1950-an dan 1980-an. Michael Pare bermain sebagai veteran serdadu bayaran yang baru kembali ke kotanya untuk menyelamatkan mantan pacarnya (Diane Lane) yang telah diculik oleh Raven (Willem Dafoe) pemimpin geng biker .
Yang menarik dari film ini adalah penampilan live dari The Blasters, band rockabilly yang terkenal pada tahun 80an, dan juga mobi mobill tua yang dipakai di film ini, semuanya di set berdebu, kumuh kecuali mobil yang dipakai oleh tokoh utamanya. Dasyatnya lagi, motor besar di film ini semuanya diledakkan.



8.      Cry Baby (1990)
Film musikal komedi romantis Amerika 1990 yang ditulis dan disutradarai oleh John Waters . Film ini dibintangi Johnny Depp sebagai ikon remaja pemberontak tahun 1950-an " Cry - Baby" Wade Walker. Bintang Punk Rock Iggy Pop dan Traci Lords tampil sebagai cameo. Cerita berpusat pada sekelompok berandalan muda yang menyebut diri mereka sebagai "The Drapes" yang bertikaia dengan kelompok lainnya, "The Square",
FIlm ini mengambil setting di tahun 1950-an Baltimore , Maryland . "Cry - Baby" Walker menciptakan pergolakan dan kekacauan di kota kecil mereka Baltimore. Ia melanggar norma tabu di masyarakatTokoh utamanya, ‘Cry-Baby Walker’ yang diperankan oleh Johnny Depp, tokoh ini di ambil dari karakter penyanyi rockabilly, James Intveld yang sosoknya sangat mirip dengan Johnny Depp. Bahkan beberapa lagu di film ini juga digarap dan dinyanyikan langsung oleh James Intveld, penyanyi yang juga punya darah keturunan Indonesia.



9.      Johnny Suede : 1991
Tom DiCillo memulai debutnya sebagai sutradara penulis lewat film ini. Johnny Suede yang diperankan oleh Bradd Pitt adalah seorang pemuda yang punya attitude sebesar jambulnya, ia ingin menjadi rock n 'roll star seperti idolanya Ricky Nelson. Johnny memiliki semuanya, wajah ganteng, jambul, gaya, dan lainnya, kecuali sepasang sepatu suede. Penyanyi Nick Cave juga ikut main di film ini. Semua soundtrack di film ini sebagian besar memakailagu milik Ricky Nelson.




10.  Road Racers : 1994
Film yang dibuat untuk film televisi ini disutradarai oleh Robert Rodriguez. Film awalnya ditayangkan di Showtime Network sebagai bagian dari serial tv Highway Rebel  yang mengambil judul dan tema dari era 1950-an B-Movie dibintangi aktor pendatang baru pada waktu itu, termasuk Alicia Silverstone dan Shannen Doherty. Film ini bercerita tentang seorang anak muda pemberontak, Dude Delaney (David Arquette) yang bercita-cita meninggalkan kebuntuan hidup di  kota kecil dan mimpi menjadi bintang rockabilly, namun dia terjebak dalam perseteruan jahat dengan sheriff kota. Film ini merupakan debut pertama Salma Hayek yang bermain sebagai Dona, pacar Dude. Dari menit pertama film ini sudah sangat rockabilly, musik rock n roll, mobil tua, cewek cantik dan dikejar kejar oleh polisi. 



You may also like

3 comments:

  1. link downloadnya mana gan . . .
    sama subtitle Indonesia nyaa . . .

    ReplyDelete
  2. punya saya laser disc, dan video betamax gan... mau bajak? belii doong ;p

    ReplyDelete

#Copyleft: Silakan Membajak Sebagian atau Keseluruhan Teks dan Foto yang ada di kikipea.com. Powered by Blogger.
Featured