10 Film Yang Dibintangi Rocker

/
1 Comments
Bagaimana jika Rockstar Main Film? mereka (para rocker) ini bermain dalam sebuah film, dan bukan sekedar numpang lewat atau menjadi cameo, tapi berperan aktif sebagai bintang utama dan berakting penuh.


Film yang melibatkan penyanyi terkenal, biasanya bukan hanya bertujuan mendongkrak popularitasnya sebagai penyanyi, namun juga sebagai bintang film. Hal ini juga diikuti oleh penjualan soundtrack film yang biasanya juga dibuat untuk tujuan komersial.................

1. The Singing Cowboy (1936) 


Film dengan genre American Western ini disutradarai oleh Mack V. Wright dengan bintang Gene Autry. Film ini bercerita tentang seorang koboi yang mencoba menyanyi di TV, dalam misi mengumpulkan dana sumbangan untuk membantu seorang anak perempuan yatim piatu. Kedua orangtua anak tersebut dibunuh oleh penjahat. Gene Autry adalah koboi pertama yang menyanyi di dalam film-film Amerika. Sejak tahun 1934, ia pernah muncul di 93 film.

2.     Five Minutes to Live  (1961)



Film produksi Amerika yang bergenre kriminal-aksi, merupakan film pertama dan satu satunya film layar lebar yang dibintangi Johnny Cash. Film ini awalnya dibuat dengan low-budget, dibawah standar produksi film, sempat macet di tengah jalan karena kehabisan dana. Namun dengan inisiatifnya, Johnny Cash bersedia memakai uangnya sendiri untuk mendanai sisa kekurangan produksi. Untuk selanjutnya Johnny Cash hanya bermain di beberapa film TV. Meski Film ini dianggap gagal, tapi sukses menjadi film yang dikultuskan.

3.     McVicar (1980)

Film dengan setting tahun 1960 ini diproduksi oleh The Who Films, dan dibintangi sendiri Roger Daltrey (vokalis The Who). Ia berperan sebagai John McVicar, seorang perampok bank yang kemudian menjadi seorang penulis. Scotland Yard, kepolisian Inggris mencapnya sebagai musuh masyarakat nomer wahid yang harus diburu ‘Hidup atau Mati’. Film ini disutradarai oleh Tom Clegg, berdasarkan pada buku yang ditulis oleh John McVicar, yang menceritakan kisah hidupnya selama di dalam penjara. Film ini Mendapat nominasi sebagai Gambar Terbaik di Myst Festival 1981, The International Mystery Film Festival of Cattolica. Semua soundtrack untuk film ini digarap oleh The Who.


4.     Corrupt Lieutenant  (1983)


Film dengan setting kota New York ini berkisah tentang seorang psikopat pembunuh polisi korup. Film ini diperankan oleh John Lydon dan Harvey Keitel. John Lydon alias Johhny Rotten adalah biduan punk asal Inggris, Sex Pistols. Di film ini dia berperan sebagai anak punk yang membenci dan senang membantai para polisi korup. Film produksi Italia ini muncul dengan banyak judul yang berbeda, ‘Corrupt’ di Inggris, ‘Copkiller (l'assassino dei poliziotti) di Italia, ‘Order  Of  Dead' di Amerika Serikat, dan ‘Corrupt Leutenant’ adalah judul asli dalam versi Italia.


5. Dune (1984)


Ini merupakan film futuristik, istilah kerennya lagi science fiction-action, yang ditulis dan disutradarai oleh David Lynch. Ceritanya diadaptasi dari novel Frank Herbert  tahun 1965, dengan judul yang sama. Dune dibintangi oleh Sting (The Police), sedangkan pengambilan gambar dilakukan di Mexico City, dan soundtrack-nya digarap oleh Toto band. Plot-nya bercerita tentang seorang anak muda yang memimpin pemberontakan atas tirani di planet mereka yang tandus dan kering. 

Setelah sukses dengan novelnya, cerita ini mulai difilmkan sejak tahun 1971. Lamanya proses pembuatan film ini, dikarenakan tim berusaha untuk mewujudkan visi mereka ke layar lebar. Sampai akhirnya tahun 1981, David Lynch dipilih untuk menyutradari film ini . Film ini menerima kritik yang buruk, dan gagal sebagai box office. Campur tangan investor dan produser berpengaruh buruk dalam proses kreatif pembuatan Dune.

6.     Mad Max Beyond Thunderdome  (1985)


Film produksi Australia yang disutradarai George Miller dan George Ogilvie ini bertemakan pasca kiamat nuklir.  Mad Max Beyond Thunderdome ini dibintangi oleh Mel Gibson dan  Tina Turner, penyanyi rock soul dari Amerika. Ini merupakan seri ketiga, dan dibutuhkan waktu 15 tahun untuk meneruskan film ini dari seri sebelumnya. Tina Turner berperan sebagai  Aunty Entity, penguasa kejam kota Bartertown. Di film ini juga muncul Angry Anderson, vocalis Rose Tattoo, band Australia yang bermain sebagai tangan kanan Aunty Entity.

7.  Labyrinth  (1986)



Film yang bertema petualangan fantasi musikal ini disutradarai oleh Jim Henson, yang juga kreator The Muppet Show. Labyrinth dibintangi oleh David Bowie sebagai Jareth, dan Jennifer Connelly sebagai Sarah. Bercerita tentang Sarah, remaja berumur 15 tahun yang harus menaklukan dan menembus tembok labirin di istana Jareth, The King Goblin. Ia berusaha untuk menyelamatkan Toby, adiknya yang masih bayi, yang diculik oleh Jareth (David Bowie). Semua karakter di film ini adalah boneka, kecuali David Bowie, Jennifer Connoly dan si bayi kecil.

8.     Freejack (1992)


Sejak rilis di Amerika, film ini menuai kritik negatif. Cerita film ini diadaptasi dari novel berjudul ‘Immortality Inc’ karangan Robert Sheckley pada tahun 1959. Film Amerika dengan genre sains-fiksi ini disutradarai Geoff Murphy, dengan bintang Emilio Estevez, Mick Jagger, Rene Russoand, dan Anthony Hopkins. Dengan setting futuristik tahun 2009 (lalu, hehehe), Mick Jagger berperan sebagai Victor Vacendak, pemimpin ‘Bonejackers’ yang kerjaannya menculik manusia. Ia mengambil organ tubuh korbannya untuk dijual kepada mereka yang bersedia membayar dengan harga tinggi.

9. The Crow: City of Angels (1996)


Dua Rockers dari generasi pertama gelombang Punk Rock bermain dalam film ini. Mereka dalah Iggy Pop (Amerika) dan Ian Dury (Inggris). Film ber-genre supernatural action ini disutradarai oleh Tim Pope. Ini merupakan kelanjutan dari film cult ‘The Crow’ (1994). Kali ini Iggy Pop berperan sebagai Curve, seorang penjahat anggota geng narkoba. Curve, diburu oleh The Crow yang bangkit dari kematiannya untuk menuntut balas atas kematian dia dan anaknya yang dibantai oleh genk narkoba gerombolan Curve.

10. Strangeland  (1998) 


Film Amerika yang bergenre horor ini naskahnya ditulis dan dibintangi oleh Dee Snider, vokalis band rock Twisted Sisters. Lewat film ini sutradara John Pieplow fokus pada Body Modifikasi, Tattoo, Piercing dan ritual underground. Plotnya bercerita tentang remaja 15 tahun, Genevieve Gage dan teman dekatnya, Tiana Moore. Mereka banyak menghabiskan waktu untuk chatting di dunia maya. Setelah berkenalan dengan seseorang bernama "Captain Howdy", mereka berdua berencana untuk menghadiri pesta di rumahnya. Ternyata undangan hanyalah kedok perangkap. 
Captain Howdy awalnya hanyalah sebuah judul lagu dari Twisted Sister, yang kemudian dibuat karakter untuk film. Meski tidak meraih sukses, namun menjadi sebuah film cult yang wajib ditonton.

Kurator       : Athonk Sapto Raharjo 
Penyunting  : Kiki Pea







You may also like

1 comment:

  1. Strangeland paling mantaff !!
    gw gak pernah bosen nonton ini

    ReplyDelete

#Copyleft: Silakan Membajak Sebagian atau Keseluruhan Teks dan Foto yang ada di kikipea.com. Powered by Blogger.
Featured