Rock & Roll Maksimal di Hotrod Weekend Party

/
1 Comments


MUSIK Rockabilly, sejak awalnya memang memiliki koneksi yang kuat dengan dunia dan gaya hidup otomotif. Pada perkembangannya, musik asli Amerika yang muncul di tahun 1950-an ini, kian populer dan mendunia. Membahas genre rockabilly yang terdiri dari racikan blues, country, dan gospel ini bukan hanya melulu bicara soal musik, tapi juga merambah ke budaya lainnya seperti; potongan rambut, tarian, tattoo, grafiti, fesyen, dan otomotif. 


Untuk urusan otomotif, para pengusung genre ini akhirnya kental dengan nuansa mobil-mobil Amerika lawas tahun 50-an yang juga dikenal dengan Hotrod. Di Amerika, setiap tahunnya digelar event akbar 'Viva Las Vegas' yang khusus merayakan pernak pernik kultur Rockabilly. Perkembangan kultur ini juga sampai ke Indonesia, bahkan di Jogja yang menjadi 'magnet Rockabilly', telah lama memiliki komunitas musik, dan beragam komunitas otomotif. Mengadopsi acara Viva Las Vegas, komunitas Hotrodiningrat untuk kali kedua menggelar Hotrod Weekend Party (HWP). 

Bertempat di parkiran barat Jogja Expo Center (JEC) Sabtu-Minggu, (19-20/11). Selama dua hari, suasana parkir barat JEC pun seakan disulap menjadi parking area ala Amerika, dengan gate custom yang dan ambience yang sangat tematik. Selain mobil dan motor klasik Amerika, event ini juga dimeriahkan dengan beberapa komunitas dan acara lainnya seperti Lowrider, Pedal Car, Diecast, Pinsrtriping, Pin Up Girls, Exhibition Local Builder, Barbeque, Junkyard, dan Barbershop. 



Di perhelatan kali ini penyelenggara HWP memercayakan urusan panggung, para penampil, dan hingar bingar urusan Rock & Roll kepada Rockins Spades Rockabilly Club YK. Setelah beberapa kali ngobrol-ngobrol santai, sambil melacak juga melirik band-band se-antero negeri, akhirnya kami pilih beberapa band yang dianggap bisa merepresentasikan koneksi Rockabilly & Hotrod. Kami Rockin Spades Rockabilly Club YK tentu adalah sebuah paguyuban yang independen, tidak ada kepentingan lain bagi kelompok ini selain; 100% Rock & Roll. Komunitas ini tidak terlibat aktivitas politik praktis manapun, dan tidak terikat ‘kontrak’ dengan instansi apapun. 





The Hydrant (Bali)
Tahun ini HWP kembali mengundang The Hydrant untuk tampil. Yang perlu dicatat adalah band asal Bali ini pada April lalu  mendapat kehormatan untuk tampil di ajang rockabilly terbesar sejagat, Viva Las Vegas 2016.  Dengan semangat tempur tinggi, setidaknya bekas debu-debu di Viva Las Vegas bisa mereka tularkan ke ajang ini. Selain The Hydrant, HWP 2016 juga dipanaskan oleh band asal Bali lainnya yakni Devildice, band yang dimotori oleh JRX (Superman Is Dead), dan The Poppies yang memainkan tembang instrumental ala The Ventures, hingga Dick Dale & The Del Tones.



Devildice (Bali)
Band lainnya yang meramaikan acara berkumpulnya para builders, hotroders, dan pecinta mobil dan motor klasik Amerika ini ialah Prison Of Blues. Pada September lalu, band psychobilly asal Temanggung, Jawa Tengah ini tampil di Northampton, Inggris. Mereka telah berhasil membakar Bedlam Breakout, festival musik Psychobilly terbesar di Inggris, dan membuat semua penonton terpana. Tampil juga beberapa band dari kota lain yakni; Rebel Of Law (Klaten), Donald Duck (Purwodadi), dan Slaras (Bandung). 










Dari Jogja pun tidak ketinggalan, band tuan rumah yang menggoyang panggung HWP 2016 ialah Rusty Grill, Milky Racers, The Blue Train, Sick Brain, dan Kiki & The Klan. Usai berpesta selama dua hari di lapangan parkir JEC, mobil-mobil hotrod yang datang dari berbagai daerah ini melanjutkan konvoi ke arah Jalan Magelang. Pesta pun kembali berlanjut di Liquid Cafe mulai jelang tengah malam, hingga pagi menjelang. Para musisi yang terlibat di acara ini menggelar jam session dengan tembang-tembang favorit, semua larut dalam pesta: Rock & Roll Sampai Mentok. (*)



Foto: Alief Faizul Akbar & Galih Caesar Prabowo


You may also like

1 comment:

  1. The beauty of the space and food get 5 juicy stars. The place was built with class! I'm no critic, but this place makes you appreciate design and aesthetics. I went to two LA event venues. Both times, I had a great experience.

    ReplyDelete

#Copyleft: Silakan Membajak Sebagian atau Keseluruhan Teks dan Foto yang ada di kikipea.com. Powered by Blogger.
Featured