Komik Komuk: Elvis Belum Mati

/
0 Comments
JANUARI adalah bulan Elvis. Pada setiap awal tahun, para penggemar Elvis di seluruh dunia merayakan hari kelahiran Sang Raja Rock & Roll, perayaan ini berpusat di Graceland, Amerika Serikat tempat dimana Elvis disemayamkan. Para penggemar Elvis di Indonesia juga tidak mau ketinggalan, di beberapa kota secara pararel, komunitas penggemar musik Rock & Roll kerap menggelar perayaan bertajuk 'Elvis Bday Bash'. Elvis lahir pada 8 Januari 1935 di Tupelo, Missisipi, Amerika Serikat.


Elvis Presley memang membawa pengaruh besar di jagat musik. Ia adalah pionir Rockabilly, sebuah jejak awal dalam musik Rock & Roll yang muncul di tahun 1950-an. Saya sendiri menyukai Elvis sejak masih kecil sekali, semua foto-foto di kaset koleksi bapak dan eyang selalu saya tatap dalam-dalam. Kesukaan pada sang idola tidak hanya saya lampiaskan di atas panggung, baik bersama band saya Kiki & The Klan, maupun tampil tunggal dengan membajak panggung pesta perkawinan, juga hajatan lainnya.

Tahun ini kecintaan pada Elvis saya tuangkan lewat komik fotokopian. Komik setebal 30 halaman ini dibuat dengan 'skill' yang pas-pasan, namun dengan 'passion' yang maksimal. Dengan menggunakan bahan dasar kertas dan spidol hitam, saya melakukan proses penyuntingan dengan menggunakan lima aplikasi di smartphone buatan Tiongkok, lalu sedikit dipoles dengan corel draw di komputer butut.



Tema cerita yang saya angkat lewat komik ini diadaptasi dari tulisan saya 'Elvis Impersonator Ada Sampai Kiamat!'. Rencananya komik ini hanya akan dicetak terbatas sekedar buat iseng-iseng aja, namun tak disangka, banyak dukungan dari kawan agar menggarapnya agak serius dikit gitu lah. Akhirnya, Komik Komuk episode Elvis Belum Mati ini diluncurkan secara resmi di Oxen Free, Jl Sosrowijayan 2 Yogyakarta. Tempat yang satu ini memang tidak asing lagi bagi komunitas Rockabilly dimanapun. Baik skena lokal, nasional, hingga band-band Rockabilly mancanegara pernah singgah di cafe yang terletak di bilangan Malioboro ini. Tidak hanya datang dari Jogja, banyak juga kawan-kawan dari kota lain yang sengaja datang untuk perhelatan ini.  baca juga: Elvis di Sosrowijayan
 



Pada Elvis Bash kali ini, Rockin Spades Rockabilly Club YK kedatangan tamu istimewa, JRX dan Adi Hydrant, dua begundal pulau Dewata ini dengan senang hati tampil akustik. Selain itu ada grup mama rock 'Lilith', merekalah representasi Riot Grrrl eh, Riot Mom di Jogja saat ini. Meski gerimis-gerimis asik, para penampil, termasuk orkes Kiki & The Klan tampil maksimal. Malam itu KKK berkolaborasi dengan Iwank (Setan Beras) yang sebelumnya dikenal sebagai personel Kornchonk Chaos dan Punkasila, dengan gitar putus satu sisa jari-jemari dan peluh mendidih JRX, Iwank juga menyedot harmonikanya di atas panggung. 
Semua larut dalam kegembiraan memperingati bulan kelahiran Raja Rock & Roll.



Selain menjual Komik Komuk, malam itu juga tersedia komik dan merchandise dari Old Skull Comic Book karya Athonk, dan Yellowteeth Comic karta Iwank (Setan Beras). Barokahnya lagi, pada malam peluncuran, dari 50 eksemplar komik komuk yang tersedia, lebih dari setengahnya terjual habis, dan sisanya sudah diborong dan dikirim untuk para penggemar Elvis di Bandung, dan Jakarta. Rata-rata mereka tidak beli satu komik, namun beberapa sekaligus, mungkin untuk suvenir di daerahnya. (Alhamdulillah). Komik Elvis Belum Mati ini bakal kembali dicetak secara terbatas. Setelah ini akan terbit episode 'Greaser Lokal'.

Untuk penjualan wilayah Jogja, 'Elvis Belum Mati' tersedia di Pure Black Tattoo Galore, alamat seperti yang tertera di foto, lokasinya dekat alun-alun selatan Yogyakarta. Sedangkan untuk pemesanan online bisa hubungi 081808902049 (WA/sms only)



Ya, Elvis memang belum mati, pengaruhnya selalu bermunculan di setiap generasi.(*)   





You may also like

No comments:

#Copyleft: Silakan Membajak Sebagian atau Keseluruhan Teks dan Foto yang ada di kikipea.com. Powered by Blogger.
Featured